PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI TK IT QURROTA A’YUN BABADAN PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.200Keywords:
Pembelajaran, Kurikulum 2013, dan Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Artikel ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di TK IT Qurrota A’yun Babadan Ponorogo; 2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di TK IT Qurrota A’yun Babadan Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah. Adapun teknik pengujian datanya dilakukan dengan model tri angulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di TK IT Qurrota ‘Ayun Babadan Ponorogo telah berjalan dengan baik. Tahapan pelaksanaanya yaitu menyusun perencanaan pembelajaran dalam bentuk Program Semester (Promes), rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Adapun pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara tematik dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran sentra. 2) Faktor-faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran yaitu kepala sekolah sudah berpengalaman dalam Kurikulum 2013, mayoritas guru masih muda-muda, dan sudah menggunakan model pembelajaran sentra. Adapun faktor penghambatnya ialah fasilitas pembelajaran masih terbatas dan administrasi pembelajaran belum tersusun secara rapi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.