PRESCHOOL POLA ASUH OTORITER DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK 4-5 TAHUN DI RA AL-ISHLAH
Pola Asuh Otoriter dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak 4-5 Tahun di RA AL-ISHLAH
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1326Keywords:
pola asuh otoriter perkembangan sosial emosional anak usia diniAbstract
Tujuan penelitian ini yaituuuntuk mendeskripsikan pola asuh otoriter dalam perkembangan sosial emosional anak di RA AL-ISHLAH. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Alat untuk pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh otoriter dalam perkembangan sosial emosional anak di RA AL-ISHLAH memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Pola asuh otoriter ini cenderung memaksa dan menuntut apa yang diperintahkan olehnya tanpa mendengarkan keinginan anak. oleh karena itu, perkembangan sosial emosional dengan pola asuh otoriter ini cenderung memiliki dampak negatif, yaitu anak memiliki sikap pemalu, takut ketika melihat dunia baru, cemas dan tidak mampu mengontrol emosinya dengan baik. Namun, dalam hal akademik anak yang gaya pengasuhannya otoriter cenderung pintar karena aturan ketat yang diberikan oleh orang tuanya.
Kata Kunci: Pola asuh otoriter, anak usia dini, perkembangan sosial emosional anak 4-5 tahun
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.