Penguatan Pembelajaran Daring di SDN Jakasampurna V Kota Bekasi, Jawa Barat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR)
DOI:
https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1181Keywords:
Covid-19, KKN Tematik UPI, Pembelajaran Daring, Media Pembelajaran Interaktif, Augmented RealityAbstract
Kurangnya penggunaan media pembelajaran selama proses pembelajaran daring tak jarang menyebabkan minat dan juga motivasi peserta didik mulai menurun dengan merasakan kejenuhan dalam belajar. Penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran daring dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pembelajaran daring melalui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality bagi peserta didik Sekolah Dasar. Program ini merupakan bentuk dari Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Corona Virus Disease (KKNT PPD Covid-19) Universitas Pendidikan Indonesia di bidang Pendidikan. Metode dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan berupa sosialisasi secara daring melalui aplikasi Whatsapp Group. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2020. Materi yang digunakan dalam media pembelajaran mengenai pengenalan mata uang rupiah Indonesia. Lokasi sosialisasi berada di SDN Jakasampurna V, Jalan Anggrek Raya, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat. Sasaran program KKNT ini adalah peserta didik kelas III sebanyak 10 orang. Hasil dari KKNT ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality menumbuhkan rasa kesenangan dan minat belajar peserta didik di tengah pandemi Covid-19. Selain itu dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif peserta didik dapat mengetahui teknologi yang sedang berkembang.
Downloads
References
Anwar, F. (2020, April 13). Hasbi Asyadiq: Berkreasi dengan Teknologi AR | youngster.id.
https://youngster.id/technopreneur/hasbi-asyadiq-berkreasi-dengan-teknologiar/
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat
Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13–25.
https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194
Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid19. AL-HIKMAH: Jurnal Studi Islam, 1(1).
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:wZYA57Ss2UgJ:ejo
urnal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905+&cd=1&
hl=id&ct=clnk&gl=id
Iksan, N., & Djuniadi. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality
(AR) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. ITEJ (Information Technology
Engineering Journals), 02(01), 4. https://doi.org/10.24235/itej.v2i1.15
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran
Matematika. JIPMat, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
January, D. O. (2019). Pengembangan Augmented Reality Materi Alat Pencernaan
Manusia Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Program Khusus Ampel Kecamatan
Ampel Kabupaten Boyolali Tahun 2018. [Thesis. Salatiga: Pascasarjana IAIN
Salatiga].
Minaldi, I. (2019). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
Aplikasi Assemblr Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. [Skripsi.
Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/40667/
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran.
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 10.
http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui
Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19.
Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media
Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian
dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54.
https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12573
Yuliono, T., Sarwanto, & Rintayati, P. (2018). Keefektifan Media Pemelajaran Augmented
Reality Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal
Pendidikan Dasar, 9(1), 65–84. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081