Pelatihan Zotero Guna Menunjang Luaran KKN Tematik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Melalui Whatsapp Group
DOI:
https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1064Keywords:
Whatsapp, Zotero, KKN Tematik, Karya Tulis IlmiahAbstract
Salah satu luaran dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 (KKNT PPD Covid-19) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahap II Tahun 2020 adalah berupa karya tulis ilmiah (Laporan KKNT, Book chapter atau artikel jurnal). Selain mengabdi di daerah/tempat tinggal masing-masing, mahasiswa yang menempuh KKNT harus melaporkan aktivitasnya dalam tulisan akademik. Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah memfasilitasi mahasiswa dalam menyiapkan luaran pengabdiannya. Fokus materi pelatihan adalah mengelola referensi menggunakan perangkat lunak Zotero. Sasaran pelatihan adalah terbatas pada kelompok VIII KKNT, yaitu 29 mahasiswa yang terbagi atas 19 mahasiswa PGSD dan 10 mahasiswa PGPAUD UPI Kampus Purwakarta. Observasi awal menunjukkan bahwa peserta belum pernah menggunakan Zotero sebelumnya, sehingga materi pelatihan ini adalah baru bagi mereka. Whatsapp dipilih sebagai media pelatihan karena praktis dan mendukung kondisi internet masing-masing peserta. Pelatihan di Whatsapp grup berlangsung 1 kali pertemuan dengan 7 kompetensi, berdurasi 5 jam atau setara 300 menit kegiatan KKNT. Hasil menunjukkan 30% dari peserta pelatihan cukup terbantu dalam mengelola sitasi menggunakan Zotero. Kegiatan pelatihan mengelola Zotero menggunakan media Whatsapp Group ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Indonesia, karena umumnya pelaksanaan via Videoconference (tatap maya) atau dilaksanakan secara face-to-face (tatap muka). Sebagai implikasi dari pelatihan daring ini, mahasiswa mampu menguasai Zotero untuk mengelola referensi karya tulis mereka meskipun pelatihan berbasis tekstual (instruktif) di media Whatsapp Group.
Downloads
References
Aidid, M. K., Bustan, M. N., & Ruliana. (2020). Manajemen Referensi dengan Aplikasi
Zotero. Jurnal Dedikasi, 22(2), 126–128.
Anjali, M. E. C., & Istiqomah, Z. (2019). Implementasi Pelatihan Aplikasi Zotero di
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bagi Mahasiswa Magister
Ilmu Pemerintahan. Publication Library and Information Science, 3(2), 97–103.
Anjali, M. E. C., & Istiqomah, Z. (2020). Meningkatkan literasi informasi penulisan karya
ilmiah mahasiswa melalui pelatihan zotero. Berkala Ilmu Perpustakaan dan
Informasi, 16(2), 198–210. https://doi.org/10.22146/bip.v16i2.104
Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak
Covid-19 Universitas Pendidikan Indonesia. (n.d.). Retrieved 8 January 2021,
Djono, D. (2020). Implementasi Adaptasi Baru melalui KKN UNS di Era Covid 19.
DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2), 533–536.
https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.45927
Dwiningsih, K., Tukiran, T., & Made Sanjaya, I. gusti. (2019). Peningkatan Kualitas
Publikasi Ilmiah dan Penelitian Bagi Guru SMA Melalui Pelatihan Pemanfaatan
Software Zotero. Jurnal ABDI, 4(2), 85. https://doi.org/10.26740/ja.v4n2.p85-90
Idri, N. (2015). Zotero Software: A Means of Bibliographic Research and Data
Organisation; Teaching Bibliographic Research. Arab World English Journal
(AWEJ), 1(2), 124–133. https://doi.org/10.2139/ssrn.2843984
info, S. (n.d.). Perbedaan KKN Tematik Dengan KKN Posdaya. Sepenggal Info.
Retrieved 8 January 2021, from https://sepenggal.info/perbedaan-kkn-tematikdan-kkn-posdaya/
Kaur, S., & Dhindsa, K. S. (2016). Comparative study of citation and reference
management tools: Mendeley, Zotero and ReadCube. 2016 International
Conference on ICT in Business Industry & Government (ICTBIG), 1–5.
https://doi.org/10.1109/ICTBIG.2016.7892715
Kratochvíl, J. (2017). Comparison of the Accuracy of Bibliographical References
Generated for Medical Citation Styles by EndNote, Mendeley, RefWorks and
Zotero. The Journal of Academic Librarianship, 43(1), 57–66.
https://doi.org/10.1016/j.acalib.2016.09.001
Kuglitsch, R. (2014). More than a Citation Manager: Zotero for Scalable Embedded
Librarianship and Instructional Assessment. Library Instruction West 2014, 1–
Kusnaeni, A. (2020). Pelatihan Bisnis Fashion Melalui Whatsapp Dalam Meningkatkan
Pemberdayaan Bagi UMKM Cimahi. Comm-Edu (Community Education
Journal), 3(1), 42–49. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3694
Larasati, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengoperasikan Reference Management
Software Zotero dan End-Note Untuk Guru SMKN 6 Malang. Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 26(1), 28–33. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i1.15777
Murimboh, J. D., & Hollingdale, C. R. (2012). Zotero: A Reference Manager for
Everyone. Journal of Chemical Education, 89(1), 173–174.
https://doi.org/10.1021/ed1010618
Nikam, K. (2015). Zotero Software for Effective Reference Management. Journal of
Advancements in Library Sciences, 2(1), 36–47.
Novitasari, N. F. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah: Menuju Guru Berkualitas.
Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 255–266.
https://doi.org/10.30653/002.201943.152
Pahriah, & Safitri, B. R. A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Buku Ajar
Bagi Dosen Pemula Melalui Whatsapp Group. Lumbung Inovasi: Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15–23.
Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software
Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36.
https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200
Rahmawati, H., & Nuraini, M. W. (2019). Analisis Perbandingan Aplikasi Manajemen
Referensi Zotero 5.0.66. Dan Endnote X9. Publication Library and Information
Science, 3(2), 80–86. https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.2112
Word processor plugin manual installation [Zotero Documentation]. (n.d.). Retrieved 9
January 2021, from
https://www.zotero.org/support/word_processor_plugin_manual_installation