https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/issue/feed NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2020-06-29T13:08:33+00:00 Budi Hendrawan jurnalnaturalistik@umtas.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Naturalistic adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Terbit dua kali dalam satu tahun yakni bulan april dan bulan oktober. Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran naturalistic dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran terutama yang terkait dengan problematika aktual dan solusi etis kreatif yang menyangkut&nbsp;Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi),&nbsp;Pedagogik,&nbsp;Filsafat Pendidikan,&nbsp;Psikologi Pendidikan,&nbsp;Kurikulum,&nbsp;Pendidikan Agama,&nbsp;Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan) di Pendidikan Dasar dan atau Sekolah Dasar.</p> https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/847 VISI DAN MISI DALAM PANDANGAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM 2020-06-29T13:08:33+00:00 Hena Khaerul Ummah henakhaerulummah@gmail.com <p><strong>Abstract </strong></p> <p>This study aims to determine the vision and mission of MA YTI Sukamerang in view of Islamic Education Philosophy. The method used is the type of field research. In this study the approach used is a philosophical approach. Preparation for this approach is carried out by preparing a research framework that contains the focus of the study, the data collection methods used, and the participants involved. The results showed that the process of formulating the vision and mission of MA YTI Sukamerang Garut was carried out through an internal meeting made by the school principal. Strategies made by schools in an effort to realize the vision and mission through the same process, namely planning, organizing, implementing, and controlling.</p> <p><strong>Keywords</strong>:</p> <p>&nbsp;Vision, Mission, Philosophy, Education</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstrak </strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui visi dan misi MA YTI Sukamerang dalam pandangan Filsafat Pendidikan Islam. Metode yang digunakan jenis penelitian lapangan (<em>field research</em>). Dalam penelitian ini pendekatan yang dipakai adalah pendekatan filosofis. Persiapan untuk pendekatan ini dilakukan dengan menyiapkan kerangka penelitian yang berisikan fokus kajian, metode pengumpulan data yang digunakan, dan partisipan yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perumusan visi dan misi MA YTI Sukamerang Garut dilakukan melalui rapat internal yang dibuat oleh kepala sekolah. Strategi yang dibuat sekolah dalam upaya mewujudkan visi dan misi melalui proses yang sama yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. &nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci</strong>:</p> <p>Visi, Misi, Filsafat, Pendidikan</p> Copyright (c) https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/846 Perbedaan Hasil Belajar PAI Berdasarkan Tiga Model Pembelajaran Berbeda Pada Siswa SMK 2020-06-28T08:31:12+00:00 Angsih Suwangsih angsihazis@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PAI&nbsp; berdasarkan tiga model pembelajaran yang berbeda pada siswa SMK. Model&nbsp; pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran konvensional, model pembelajaran TTW dan model pembelajran SQ3R.&nbsp; Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Cikaum Subang dengan populasi penelitiannya yaitu siswa kelas X semester genap Tahun ajaran 2019/2020. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas X ATU sebanyak 31 siswa, kelas X TBSM sebanyak 30 siswa dan kelas X RPL sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa setelah mendapatkan perlakuan model pembelajaran konvensional, TTW dan SQ3R. Analisis data menggunakan statistik uji anova satu jalur (One Way Anova) dengan program spss 26, untuk mengetahui normalitas, homogenitas dan perbedaan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PAI berdasarkan tiga model pembelajran (konvensional, TTW dan SQ3R) pada siswa SMK. Setelah dilakukan penelitian in,i diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang variatif supaya &nbsp;hasil belajar siswa lebih optimal.</p> Copyright (c)