https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/issue/feed NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2022-05-17T06:33:31+00:00 Budi Hendrawan jurnalnaturalistik@umtas.ac.id Open Journal Systems <p>Naturalistic adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Terbit dua kali dalam satu tahun yakni bulan april dan bulan oktober. Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran naturalistic dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran terutama yang terkait dengan problematika aktual dan solusi etis kreatif yang menyangkut Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi), Pedagogik, Filsafat Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Kurikulum, Pendidikan Agama, Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan) di Pendidikan Dasar dan atau Sekolah Dasar.</p> <p>Naturalistic is a periodical scientific journal published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University, Tasikmalaya. Published twice in one year namely April and October. As a research and learning research journal, a naturalistic presence is intended to accommodate ideas, ideas and results of research and community service produced by practitioners, thinkers and experts in the field of education and learning, especially those related to actual problems and creative ethical solutions concerning Learning Methodologies. (Approach, Media, Methods, Models, Strategies), Pedagogy, Educational Philosophy, Educational Psychology, Curriculum, Religious Education, Basic Education (Education and Learning, Natural Sciences, Social Sciences, Citizenship Education, Indonesian Language, Mathematics, English Language , Physical Education and Health, Cultural Arts and Skills) in Basic Education and or Primary Schools.</p> https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/2176 Pengaruh Penggunaan Metode Team Assisted Individualization (TAI), Student Team Achievement Division (STAD) dan Percaya Diri Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Di SDN Gugus I Kecamatan Cilincing 2022-05-17T06:33:31+00:00 Acik Nuraeni Acik.Nuraeni2011@gmail.com Tita Rosita tita@ecampus.ut.ac.id Idha Novianti anti@ecampus.ut.ac.id <p style="text-align: justify;">Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara tatap muka. Pembelajaran yang awalnya tatap muka beralih ke pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring adalah sebuah proses pembelajaran berlangsung dengan tidak terjadinya kontak fisik seperti bentuk tatap muka langsung antara pendidik dan siswa Pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Daring dapat memberikan metode pembelajaran yang efektif seperti adanya umpan balik, menggabungkan kolaborasi kegiatan belajar mandiri untuk bekerja sama dalam kelompok serta menumbuhkan sikap sosial terhadap sesama peserta didik. Penelitian ini bertujuan &nbsp;untuk membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pokok Pengolahan Data kelas V SD yang dilakukan secara daring. &nbsp;Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan rancangan treatment by level 2x3. Metode kooperatif TAI dan Metode kooperatif STAD&nbsp; Sedangkan Percaya diri tinggi, percaya diri sedang dan percaya diri tinggi. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 siswa. Penelitian dilaksanakan melalui zoom cloud meeting atau google meet. Pengambilan data penelitian menggunakan tes pengetahuan, dan angket percaya diri siswa melalui google form. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA&nbsp; dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) F<sub>hitung =&nbsp; </sub>6,606&nbsp; lebih besar dari F<sub>tabel = </sub>3,16 jadi terdapat pengaruh signifkan metode pembelajaran TAI&nbsp; terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD, (2) F<sub>hitung =&nbsp; </sub>6,606&nbsp; lebih besar dari F<sub>tabel = </sub>3,16 jadi terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran STAD&nbsp; terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. (3) F<sub>hitung =&nbsp; </sub>4,816&nbsp; lebih besar dari F<sub>tabel = </sub>3,16 jadi terdapat pengaruh signifikan percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. (4) F<sub>hitung&nbsp; </sub>3,763 lebih besar F<sub>tabel </sub>3,16 &nbsp;jadi terdapat pengaruh signifikan metode TAI, STAD, dan percaya diri&nbsp; bersama sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD.</p> 2022-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/1789 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD 2022-04-30T16:05:47+00:00 Yunus Abidin yunusabidin@upi.edu S. Nailul Muna Aljamaliah nailul@gmail.com Fully Rakhmayanti fully10@upi.edu Dinie Anggraeni dinie@gmail.com <p style="text-align: justify;">Perkembangan teknologi pada masa sekarang turut berkontribusi dalam pelaksanaan pembelajaran. Agar pembelajaran berpusat pada siswa, para guru perlu meningkatkan kapasitasnya dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang berbasis teknologi dan dapat digunakan, yakni aplikasi <em>Educandy</em>. Oleh karena itu, penelitian ini akan menjabarkan bagaimana penggunaan <em>Educandy </em>dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan dengan berfokus pada penggunaan media pembelajaran, berupa aplikasi <em>Educandy </em>dalam pembelajaran tematik di kelas V SD, pada submata pelajaran Bahasa Indonesia. Observasi, wawancara, dan kuisioner dilakukan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian diarahkan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam menggunakan <em>Educandy </em>serta untuk melihat tanggapan guru dan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penggunaan aplikasi <em>Educandy</em>. Temuan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas V telah menggunakan aplikasi <em>Educandy </em>sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Kendati penggunaan masih terbatas pada bentuk pengevaluasian pemahaman siswa, media ini tetap dapat menarik perhatian dan meningkatkan jiwa kompetitif siswa sehingga pebelajaran menjadi lebih aktif dan interaktif. Penguasaan aplikasi <em>Educandy </em>oleh guru, kreativitas, serta gaya atau cara mengajar guru juga memengaruhi bentuk penyajian media ini dalam pembelajaran. Bagi siswa, penggunaan <em>Educandy </em>membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena ada poin-poin/nilai yang akan mereka dapatkan ketika berhasil menyelesaikan misi di dalam aplikasi <em>Educandy </em>ini. Selain itu, siswa menjadi bertambah pengalaman dan keterampilannya dalam literasi teknologi.</p> 2022-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran