KORELASI KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Afifah Zulfa Destiyanti UIN SUNAN KALIJAGA

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.538

Keywords:

Reading habits, The ability reading comprehension.

Abstract

Abstract

The reading habits of the class V A and V B MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung are relatively moderate. While the reading ability of students in class V A and V B MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung is still relatively low. This is due to the process of learning a monotonous reading. This research aims to find out the correlation between reading habits and the ability to read the understanding of students of the V class MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung. This type of research is quantitative research with correlational design. This research was conducted in MI Ismaria al-Qur’anniyah Bandar Lampung, August to September 2017. The total research population of the V grade students at MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung amounted to 154 students. Sample research of 70 students determined by using simple random sampling technique. The instrument consisted of a questionnaire and a test. Questionnaire is used to measure reading habits. The test is used to measure reading comprehension skills. Data analysis techniques using simple correlation analysis techniques. Based on the calculation of the coefficient with a significant status of 5% with rhitung > rtabel atau 0,593 > 0,240, thus Ha is acceptable. These results showed that there was a positive and significant correlation between reading habits with the ability reading comprehension of 0,593 and effective contribution of 35,2%

 

Keywords:

Reading habits, The ability reading comprehension.

 

Abstrak

Kebiasaan membaca pada siswa kelas V A dan V B MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung terbilang sedang. Sedangkan kemampuan membaca siswa kelas V A dan V B MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung masih terbilang rendah.  Hal ini disebabkan karena adanya proses pembelajaran membaca yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kebiasaan membaca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung, bulan Agustus sampai dengan September 2017. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung berjumlah 154 siswa. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen terdiri dari angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur kebiasaan membaca. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi sederhana. Berdasarkan perhitungan koefisien dengan taraf signifikan 5% dengan rhitung > rtabel atau 0,593 > 0,240, dengan demikian Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 0,593 dan sumbangan efektifnya sebesar 35,2%.

 

Kata Kunci :

Kebiasaan Membaca, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-31 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Destiyanti, A. Z. (2020). KORELASI KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH BANDAR LAMPUNG. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 434–442. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.538 (Original work published October 31, 2019)