MENELAAH TEORI VYGOTSKY DAN INTERDEPEDENSI SOSIAL SEBAGAI LANDASAN TEORI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yayu Tresna Suci Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269

Keywords:

Pembelajaran kooperatif, teori vygotksy, interdepedency social

Abstract

Pembelajarn kooperatif  memiliki popularitas yang membumi di dunia pendidikan. Penelitian mengenai keunggulan pembelajaran kooperatif  banyak ditemukan dan membawa angin segar bagi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Dewasa ini pembelajaran kooperatif  diharapkan bisa menjadi ruh dalam setiap aktivitas belajar di sekolah, akan tetapi pada pelaksanaanya tidak sedikit guru yang salah memberikan persepsi tentang pembelajaran kooperatif  dan cenderung kesulitan dalam menerapkannya di kelas mereka. Tulisan ini mencoba membangun pembelajaran kooperatif dari segi teoritis yaitu melalui pemikiran vygotsky dan teori interdepedenncy social. Kedua teori ini akan ditelaah secara sistematis guna memberikan gambaran bagaimana wujud pembelajaran kooperatif  yang lebih memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-30 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Suci, Y. T. (2020). MENELAAH TEORI VYGOTSKY DAN INTERDEPEDENSI SOSIAL SEBAGAI LANDASAN TEORI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231–239. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269 (Original work published October 30, 2018)