Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Mei Nur Rusmiati Mahasiswa
  • Riswati Ashifa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kondisi pendidikan Indonesia yang hingga saat ini belum menemukan jati diri. Perubahan kurikulum terus dilakukan hingga kini tiba pada kurikulum merdeka belajar. Berbagai problematika bahkan mulai dirasakan, terlebih oleh tenaga pendidik yang berperan penting di dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menganalisis berbagai problematika yang ada dalam pengimplementasian kurikulum merdeka di tingkat sekolah dasar. Metode yang dilakukan, yaitu jenis pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Setelah dilakukan penelitian, terlihat bahwa implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar mengalami berbagai problematika, salah satunya ialah kurangnya tingkat pemahaman guru dalam menyusun RPP merdeka belajar. Selain itu, kurangnya inovasi guru dalam mengajar juga menjadi hambatan tersendiri dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achya, T. (2018). Pursuing Indonesia’s

Limitation in the Digital Era. Munich

Personal RePEc Archive (MPRA),

(99538), 9. https://mpra.ub.unimuenchen.de/id/eprint/99537

Afista, Y., Priyono, A., & Huda, S. A. A.

(2020). Analisis Kesiapan Guru Pai

Dalam Menyongsong Kebijakan

(Studi Kasus Di Mtsn 9 Madiun).

Journal of Educatio n and

Management Studies, 3(6), 53–60.

Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar Dalam

Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan

Relevansinya Bagi Pengembangan

Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat

Indonesia, 3(3), 95–101.

Arsana, I. K. S. (2019). PENGARUH

KETERAMPILAN MENGAJAR GURU

DAN. 6(2), 269–282.

Author 1, Author 2, & Author 3. (2017). Title

article. Seminar Nasional: Jambore

Konseling 3, 00(00), XX–XX.

https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX0000-00

Creswell, J. W. (n.d.). Penelitian Kualitatif

dalam Bidang Pendidikan.

Di, D., Pandemi, M., Astutik, D., & Parahita,

B. N. (2021). Guru Dan Proses

Pendidikan Dalam Pembelajaran. 46–

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490–1499. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203