Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Tari Kijang untuk Meningkatkan Kemampuan Menari Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ciamis

Authors

  • Dewi Pujastuti Umbara SMP Negeri 3 Ciamis
  • Arni Apriani

DOI:

https://doi.org/10.35568/magelaran.v3i2.957

Keywords:

Media Audio Visual Dalam Pembelajaran, Tari Kijan, Kemampuan Menari Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan audio visual dalam pembelajaran tari kijang untuk meningkatkan kemampuan menari bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ciamis. Sesuai dengan tujuan penelitian di atas, maka penulis menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sampel  penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Ciamis kelas VII A  sebanyak 36, dari populasi tersebut diambil seluruhnya untuk dijadikan sampel penelitian (Total Sampling) yang digunakan sebagai pengumpul data adalah wawancara, observasi, dan tes kemampuan menari. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dari penelitian yang penulis lakukan melalui suatu pengukuran terhadap sampel, maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan sebagi berikut :

Kelompok belajar menggunakan audio visual memiliki nilai 2,00 lebih besar daripada t-tabel (1,67) dalam taraf kepercayaan 0,95 dengan dk= (n1+n2-2) = 70 atau dapat dinyatakan hipotesis nol diterima, atau belajar tari kijang menggunakan audio visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan menari siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ciamis, dan kelompok belajar tari kijang menggunakan konfensional memperoleh nilai t-hitung = 1,22 lebih  kecil  dari t-tabel (1,70). Artinya belajar menggunakan pembelajaran konvensional tidak memberikan pengaruh yang signifikan  terhadap kemampuan menari siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ciamis. Untuk penghitungan selengkapnya terdapat pada lampiran 5-16.

Guna mengembangkan kemampuan yang lebih luas serta hasil yang lebih baik dalam pengembangan pembelajaran seni tari, penulis menyarankan kepada para guru-guru pendidikan seni, untuk memperhatikan dan memberikan dorongan pada siswa untuk mengikuti proses kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga tujuan dari belajar/berlatih dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-06

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>