PEMBELAJARAN KRIYA BATIK TULIS SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF SISWA KELAS 7A SMPN SATU ATAP 1 KADIPATEN KABUPATEN TASIKMALAYA

Authors

  • Ehan koswara Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Wan Ridwan Husen

DOI:

https://doi.org/10.35568/magelaran.v2i1.925

Keywords:

Karakter Kreatif, Kriya Batik Tulis, Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui dan mendeskripsikan proses nilai-nilai pendidikan karakter kreatif yang tercermin dalam pembelajaran kriya batik tulis siswa kelas 7A SMPN Satu Atap 1 Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. (2) Ingin mengetahui dan mendeskripsikan kreasi motif batik tulis yang dibuat siswa kelas 7A SMPN Satu Atap 1 Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMPN Satu Atap 1 Kadipaten dengan subjek siswa kelas 7A. Data diperoleh melalui dari observasi dengan tindakan uji coba pelaksanaan, pengamatan langsung, wawancara, dokumentasi arsip dan foto, tes keterampilan dan pengetahuan, serta studi pustaka. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis melalui reduksi, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 25 siswa pada kelas 7A SMPN Satu Atap 1 Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran kriya batik tulis dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara keseluruhan pembelajaran kriya batik tulis berlangsung cukup lancar. Pada evaluasi hasil akhir kreasi karya, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 78,8 dalam predikat cukup. Berdasarkan pengamatan dan analisis peneliti, beberapa hasil karya siswa membuat kriya batik tulis dengan tidak memperhatikan nilai keindahan dan kerapihan. Karakter kreatif dalam pembelajaran kriya batik tulis kelas 7A SMPN Satu Atap 1 Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya dapat muncul serta terintegrasi dalam kegiatan siswa selama berkarya. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-27