Sistem Manajemen Sanggar Lukis Anak Jenthik Kencana Pengging, Banyudono, Boyolali

Authors

  • Henrikus Pandu Jati Laksana Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta Jawa Tengah
  • Adam Wahida Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta Jawa Tengah
  • Figur Rahman Fuad Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.35568/magelaran.v7i2.5303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sistem manajemen di Sanggar Lukis Anak Jenthik Kencana Pengging Banyudono Boyolali. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus tunggal terpancang yang melibatkan wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif, serta analisis dokumen dan arsip. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan, dari Oktober hingga Desember 2022, di lokasi sanggar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen sanggar berjalan cukup baik dengan faktor pendukung seperti pengambilan keputusan yang efisien dan relasi dengan sekolah lain yang mempermudah promosi. Namun, terdapat juga beberapa faktor penghambat seperti kalender akademik sekolah formal yang menurunkan kehadiran peserta didik dan cuaca buruk yang menghambat kegiatan luar ruangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem manajemen yang diterapkan di sanggar telah mampu mencapai tujuan utamanya, meskipun masih memerlukan perbaikan di beberapa aspek untuk mengatasi hambatan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-02