Implementasi Metode Hand Sign Pada Pembelajaran Musik Angklung di SDN Tarunakarya
DOI:
https://doi.org/10.35568/magelaran.v7i2.4918Keywords:
Learning, Angklung, Hand SignAbstract
Metode hand sign Kodaly dianggap cukup efektif dalam proses pembelajaran musik angklung di SDN Tarunakarya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode hand sign pada proses pembelajaran musik angklung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dengan tujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena yang menjadi objek penelitian yaitu metode hand sign pada pembelajaran musik angklung. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 serta pelatih angklung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode hand sign pada proses pembelajaran musik angklung di SDN Tarunakarya lebih efektif dibandingkan dengan metode membaca notasi angka. Siswa lebih cepat memahami nada yang harus dimainkan oleh angklung pada lagu-lagu yang dipelajari.