ANGKLUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUSIK DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Keywords:
Angklung, Pembelajaran, Pendidikan, Anak, Bentuk MusikAbstract
Pendidikan dilakukan senantiasa mulai dari ketika anak lahir karena termasuk kedalam pendidikan anak usia dini yang melaksanakan pembinaan mulai dari anak lahir sampai dengan usia 6 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengumpulkan beberapa informasi terkait dengan angklung sebagai media pembelajaran musik dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan beberapa penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya untuk menjawab mengenai angklung sebagai media pembelajaran musik dalam pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa angklung sebagai media pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini memiliki dampak positif bagi anak, baik terkait dengan musik maupun bidang ilmu lainnya. Melalui pembelajaran angklung dapat meningkatkan kecerdasan musikal dan kreativitas seni. Dapat mengimplementasikan metode pembelajaran angklung seperti metode demonstrasi, metode hand sign dan metode belajar sambil bermain. Selain itu memiliki manfaat terkait dengan bidang ilmu lainnya, seperti meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak dan menganalisis kemampuan kerja sama anak usia dini.