PEMANFAATAN TEKNIK FROTTAGE PADA AKTIVITAS KREASI SENI RUPA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Aktivitas Seni, Teknik Frottage, Seni RupaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam menerapkan teknik frottage pada seni rupa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD N 2 Bulung Kulon, dengan objek penelitian kelas IV yang berjumlah 19 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus penelitian yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dapat mempersingkat waktu dalam membuat karya seni rupa menggunakan teknik frottage dengan merencanakan pola sehingga mereka dapat lebih fokus dan efisien. Dalam teknik frottage peserta didik berlatih menggenggam pensil dengan ringan dan memberikan tekanan yang lebih seragam selama pembuatan karya agar menghasilkan karya seni yang sesuai dengan pola. Setiap peserta didik harus percaya diri akan karya seni yang dibuat sebagai sarana ekspresi diri. Peserta didik tidak perlu membandingkan dirinya dengan teman yang lain dan harus bangga akan karyanya sendiri.