ANALISIS VISUAL UKIRAN BATU DI HOME INDUSTRY “SENI UKIR TASIKMALAYA” KECAMATAN PURBARATU KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.35568/magelaran.v6i2.2125Keywords:
Analisis, Visual, UkiranAbstract
Ukir atau mengukir ialah menggoreskan atau memahat huruf-huruf dan gambar pada kayu atau logam sehingga menghasilkan bentuk timbul dan cekung atau datar sesuai dengan rencana gambar. Ukiran pada batu , kayu, tulang, atau tembaga ialah bentuk pahatan pada dengan teknik pahat yang sifatnya keruwikan dan mementingkan bentuk timbul-timbul (Bulat), cekung-cekung atau krawing dan datar. Seni ukir Tasikmalaya merupakan salah satu pengrajin kriya ukir yang menggunakan batu alam di kota Tasikmalaya. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: 1) Bagaimana proses dan teknik pembuatan ukiran yang digunakan oleh Seni ukir Tasikmalaya kecamatan Purbaratu kota Tasikmalaya?, 2) Bagaimana analisis visual ukiran di Seni ukir Tasikmalaya kecamatan Purbaratu kota Tasikmalaya?. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggali semua data hasil penulisan dan memberikan gambaran mengenai analisis visual ukiran di Seni ukir Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data penulisan ini menggunakan data observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penulisan ini menyatakan bahwa Seni Ukir Tasikmalaya masih menggunakan teknik-teknik yang sesuai dengan buku, menggunakan bahan batu paras Yogyakarta dan satu set alat pahat ukir beserta alat pendukung lainnya. Motif yang dibuat oleh Seni Ukir Tasikmalaya memiliki unsur keindahan dan makna tersendiri.