Analisis Pembelajaran Instrumen Gesek Biola Grade I Di Sekolah Musik Simphony Music Kota Tasikmalaya

Authors

  • Yuda Prodi Sendratasik, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Denden Setiaji Prodi Sendratasik, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Asti Tri Lestari Prodi Sendratasik, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/magelaran.v5i1.1501

Keywords:

Pembelajaran, Biola, Musik

Abstract

Di Kota Tasikmalaya terdapat beberapa sekolah musik khusus atau kursusan yang memfokuskan peserta didik dalam bidang pembelajaran seni musik yang sedang dijalani serta diminati oleh peserta didik tersebut. Yang mana di dalamnya mempelajari salah satu alat musik seperti piano, gitar akustik, gitar klasik, saxsophone, alat gesek seperti biola, cello, viola, dan alat musik yang lainya disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik. Simphony Music School, merupakan salah satu sekolah musik khusus di Kota Tasikmalaya yang menyelenggarakan pembelajaran khusus alat musik gesek biola yang terbagi menjadi beberapa tahapan atau biasa disebut per-grade, yang mana ini menjadi suatu ketertarikan bagi peneliti untuk meneliti secara langsung proses pembelajaran alat gesek biola dari grade I hingga lanjutannya. Di samping masih jarangnya minat serta bakat masyarakat Kota Tasikmalaya khususnya para generasi muda yang berkeinginan untuk mempelajari alat gesek biola, peneliti berharap dengan adanya hasil penelitian ini semoga bisa memotivasi serta membantu semua orang yang berminat untuk mempelajari salah satu alat musik gesek yaitu biola. Karena penelitian ini difokuskan serta dikhususkan bagi para pemula yang ingin mempelajari alat musik gesek biola. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-30