Pengaruh Penerapan Modul Konseling Kehamilan Trimester II Terhadap Kepuasan Ibu Hamil

Authors

  • Esitra Herfanda Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA)

DOI:

https://doi.org/10.35568/bimtas.v3i2.529

Keywords:

kepuasan, keterampilan, modul konseling, pengetahuan

Abstract

Pelayanan antenatal merupakan bagian penting dari pelayanan kesehatan pada ibu hamil sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini komplikasi dengan memberikan pendidikan kesehatan, konseling dan pemeriksaan pada ibu selama kehamilannya. Perubahan emosi pada ibu hamil jika berkelanjutan dan tanpa penanganan yang tepat dapat menjadi masalah yang berkaitan dengan proses kehamilannya sehingga menimbulkan masalah psikologis yang lebih dalam. Untuk itu diperlukan pelayanan konseling selama kehamilan pada trimester kedua ini. Dalam pelayanan antenatal, komunikasi merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil yang dapat dilakukan melalui konseling. Tujuan penelitian adalah menganalisis penerapan modul konseling kehamilan terhadap peningkatan  pengetahuan dan keterampilan konseling bidan serta kepuasan ibu hamil. 

Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan pretest postest control group design dengan dua kelompok. Subjek penelitian sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi tidak ada drop out pada kedua kelompok. Pengambilan sampel ibu hamil dengan purposive sampling dari 15 puskesmas di wilayah Kawedanan Gemolong dan Gondang.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan modul konseling kehamilan trimester II terhadap Nilai rerata kepuasan post pada kelompok perlakuan sebesar 88,9 (1,9) sedangkan nilai rerata kepuasan post pada kelompok kontrol sebesar 52,3(2,5).

Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan modul konseling kehamilan trimester II terhadap kepuasan ibu hamil.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-10

How to Cite

Herfanda, E. (2020). Pengaruh Penerapan Modul Konseling Kehamilan Trimester II Terhadap Kepuasan Ibu Hamil. Jurnal BIMTAS: Jurnal Kebidanan Umtas, 3(2), 52–57. https://doi.org/10.35568/bimtas.v3i2.529