Strategi Komunikasi Dan Edukasi Pencegahan Covid 19 Melalui Media Poster

Authors

  • Zikri Fachrul Nurhadi Universitas Garut
  • Hilma Parentza Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut
  • Aris Munandar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut
  • Dzikri Rachman Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut
  • Yayang Dian Muldan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.916

Keywords:

Strategi komunikasi, edukasi, covid-19, media poster.

Abstract

Virus Corona adalah sebuah keluarga virus yang ditemukan pada manusia dan hewan. Sebagian virusnya dapat menginfeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit umum seperti flu, hingga penyakit-penyakit yang lebih fatal. Virus ini menyebar antara manusia ke manusia melalui tetesan cairan dari mulut dan hidung. Permasalahan yang ada di masyarakat Desa Karyamekar adalah kurangnya kesadaran masyarakat terhadap potensi penyebaran Covid-19 di sekitar mereka, antara lain masih banyaknya warga yang tidak menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing. Pemahaman dan kesadaran sebagian besar masyarakat di Desa Karyamekar Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut terhadap bahayanya  Covid-19 masih sangat kurang, hal tersebut terlihat dari aktifitas warga sehari-hari yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Peneliti menganggap bahwa metode penelitian kualitatif relevan digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Metode yang digunakan pada penulisan pengabdian kepada masyarakat ini melalui pendekatan kalitatif, peneliti dapat mengkaji perspektif informan yang memiliki otoritas, data, informasi, serta keterkaitan lainnya. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Desa Karyamekar yaitu dengan kegiatan edukasi pencegahan Covid-19 melalui media poster yang dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran tentang pencegahan Covid -19 kepada Masyarakat Desa Karyamekar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buana, D. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus

Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Jurnal social dan budaya

syar-i, 7(3),1-14.

Carter, E, & DeNoon, C. (2008). Posters for the People: Art of the WPA. Quirk Books.

Cowling, B., Aiello, E. (2020). Public Health Measures to Slow Community Spread of

Coronavirus Disease 2019.The Journal of Infectious Diseases, 20, 1-3.doi:

1093/infdis/jiaa123.

Dirjen P2P Kemenkes RI. (2020) Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease

(COVID-19). Revisi ke-3. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Leonita, E., Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial dalam Upaya Promosi Kesehatan:

Tinjauan Literatur. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(2), 25-34.

Utoyo, Arsa, Widitiarsa. (2020). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media

Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19. Jurnal

Lugas: Bina Nusantara University. Vol .4, No.1, pp.35-42. http://ojs.stiami.ac.id

[email protected] /[email protected].

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Diaksespada 28

April 2020, dari:https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/20200312-

sitrep-52-covid-19.pdf?sfvrsn=e2bfc9c0

Downloads

Published

2022-01-03

How to Cite

Nurhadi, Z. F. ., Parentza, H. ., Munandar, A. ., Rachman, D. ., & Muldan, Y. D. . (2022). Strategi Komunikasi Dan Edukasi Pencegahan Covid 19 Melalui Media Poster. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 537–543. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.916