Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Pendekatan Saintifik Bagi Guru Pembimbing PPG UM Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.881Keywords:
RPP, pendekatan saintifik, guru pembimbing PPG UM PurwokertoAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan solusi sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilakukan oleh FKIP UM Purwokerto sejak tahun 2018. Keterlibatan guru merupakan keharusan dalam pelaksanaan PPG. Namun, belum semua guru memiliki kemampuan yang baik terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik sebagaimana diamanahkan Standar Pendidikan Guru, yaitu PP 55/SPG/2017. Dengan kondisi ini, wajib bagi LPTK penyelenggara PPG untuk menjamin standar kemampuan dosen dan guru pembimbing untuk memiliki keterampilan yang distandarkan. Metode Ipteks bagi Masyarakat (IbM) ini dilakukan melalui praktik workshop pembuatan RPP berbasis saintifik kepada guru pembimbing PPG secara daring. Produk kerja pengabdian ini adalah RPP sebagai cermin pemahaman langkah pembelajaran yang akan dipraktikkan dalam PBM di kelas. Peserta pelatihan ini merupakan 13 guru bahasa Inggris SMP, SMK, dan SMA. Program ini juga bekerjasama dengan MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Banyumas. Pengabdian ini diharapkan menjadi strategi penting untuk melaksanakan pembelajaran yang mendorong siswa menjadi kreatif dan berfikir ilmiah. Bekal ini diharapkan dapat menjadi modal kepercayaan diri para guru untuk mengembangkan kemampuan profesional dan menerapkan kinerja saintifik dengan langkah yang benar dalam pembelajaran untuk pengembangan kegiatan profesional mereka.
Downloads
References
Lindolof, Thomas R. (-). Qualitative communication research methods. Thousand
Oaks: Saga Publications.
Marwoto, dkk. (1987). Komposisi praktis. Yogyakarta: P.T. Hanindita
Nababan. (1991). Foreign language learning Indonesia. TEFLIN, 2 (-), Universitas
Sanata Darma, Yogyakarta.
Nunan, David. (1991). Language teaaching methodology: A textbook for teacher. UK
Prentice Hall International Ltd.
Rubin, Herbert. (1995). Qualitative interviewin: The art of hearing data. London: Saga
Publication.
Surakhmad. W. (1969). Guru dan pendidikannya. Ditjen Pendidikan Guru dan Tenaga
Teknis P dan K, Jakarta