Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya

Authors

  • Mega Nur Prabawati universitas siliwangi
  • Siska Ryane Muslim Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i1.546

Keywords:

Artikel Ilmiah, Guru, Matematika

Abstract

Kemampuan menulis bagi guru menjadi tuntutan profesinya. Bagi pengembangan karirnya guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan artikel atau karya ilmiah. Syarat ini seringkali menjadi   hambatan kenaikan   jenjang   pangkat bagi guru  mengingat rendahnya kemampuan dan minat menulis di kalangan mereka. Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Iptek bagi bina masyarakat ini adalah pendampingan penulisan artikel ilmiah. Tahap pertama kegiatan ini peserta mendapatkan materi yang   berkaitan   dengan  penulisan artikel ilmiah. Selanjutnya, pada tahap kedua, peserta kegiatan IbBM diwajibkan membuat artikel ilmiah dengan menggunakan metode pendampingan, partisipatif, serta terbimbing. Tahap ketiga peserta mengumpulkan tugas artikel ilmiah dilanjutkan dengan diskusi yang melibatkan semua panitia kegiatan IbBM pengabdian dan peserta pelatihan. Peserta kegiatan IbBM Pendampingan penulisan artikel ilmiah ini adalah Guru matematika yang berada di wilayah Sukaraja kabupaten Tasikmalaya. Luaran yang diharapkan dari kegiatan IbBM pendampingan penulisan artikel ilmiah ini adalah berupa artikel ilmiah atau jurnal hasil penelitian guru selama melalukan pembelajaran di sekolah masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207–212. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i1.546