Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i1.546Keywords:
Artikel Ilmiah, Guru, MatematikaAbstract
Kemampuan menulis bagi guru menjadi tuntutan profesinya. Bagi pengembangan karirnya guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan artikel atau karya ilmiah. Syarat ini seringkali menjadi hambatan kenaikan jenjang pangkat bagi guru mengingat rendahnya kemampuan dan minat menulis di kalangan mereka. Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Iptek bagi bina masyarakat ini adalah pendampingan penulisan artikel ilmiah. Tahap pertama kegiatan ini peserta mendapatkan materi yang berkaitan dengan penulisan artikel ilmiah. Selanjutnya, pada tahap kedua, peserta kegiatan IbBM diwajibkan membuat artikel ilmiah dengan menggunakan metode pendampingan, partisipatif, serta terbimbing. Tahap ketiga peserta mengumpulkan tugas artikel ilmiah dilanjutkan dengan diskusi yang melibatkan semua panitia kegiatan IbBM pengabdian dan peserta pelatihan. Peserta kegiatan IbBM Pendampingan penulisan artikel ilmiah ini adalah Guru matematika yang berada di wilayah Sukaraja kabupaten Tasikmalaya. Luaran yang diharapkan dari kegiatan IbBM pendampingan penulisan artikel ilmiah ini adalah berupa artikel ilmiah atau jurnal hasil penelitian guru selama melalukan pembelajaran di sekolah masing-masing.