Sosialisasi Penggunaan Media Big Book dalam Penerapan Membaca Permulaan dan Peningkatan Kosakata Siswa

Authors

  • Hermariyanti Kusumadewi Universitas Indraprasta PGRI
  • Reknosari Reknosari Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.535

Keywords:

Media, Bigbook, Membaca Permulaan, Kosakata

Abstract

Media pembelajaran big book dapat dijadikan pilihan dalam menumbuhkan minat baca anak usia dini. Dalam big book, anak tidak hanya bisa melihat gambar yang penuh warna tetapi juga bisa membaca tanpa ada perasaan bosan dengan materi bacaan yang dibaca. Membaca tidak melulu membaca huruf tapi dapat diawali dengan membaca gambar dan dilanjutkan dengan membaca huruf dan kalimat. melalui kebiasaan yang dilakukan secara rutin oleh orang tua, diharapkan membaca bukan lagi hal yang menakutkan namun menjadi hal yang menyenangkan. Big book bisa dibuat bersama dengan anak dengan bermodalkan alat dan bahan yang sederhana. Lewat media big book, orang tua bisa mengkombinasikannya dengan kegiatan menggambar dan mewarnai. Lalu dilanjutkan dengan mengenalkan huruf lewat kalimat sederhana yang singkat dan mudah. Untuk itu pada kesempatan kali ini tim tertarik untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Orang tua Siswa SDN Pagelaran 04. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang media pembelajaran big book dan memberikan edukasi kepada para orang tua bagaimana mengasah keterampilan membaca permulaan dan meningkatkan kosakata siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Kusumadewi, H., & Reknosari, R. (2020). Sosialisasi Penggunaan Media Big Book dalam Penerapan Membaca Permulaan dan Peningkatan Kosakata Siswa. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 274–278. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.535