Community Empowerment of Gunung Anyar Village Through Ecoprinting Training and Introduction to Digital Marketing

Authors

  • Nur 'Azizah Laili Anjainah Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Jauharatul Mardiyah Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Nadiyah Najmah Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Cita Nailurrahmah Al Azmi Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Davano Arta Alzamora Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Nailatin Fauziyah Departemen of Psychology, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/abdimas.v6i4.3704

Keywords:

Eco-print, Digital Marketing, Pemberdayaan

Abstract

Kelurahan Gunung Anyar merupakan salah satu kelurahan di Surabaya dengan luas 4,41 km persegi. Lingkungan sekitar banyak terdapat lahan kosong yang akhirnya ditumbuhi oleh semak dan ilalang. Pengabdi kemudian melihat hal ini sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan. Dan pelatihan eco printing dan pengenalan digital marketing dinilai dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh Kelurahan Gunung Anyar. Tahapan kegiatan pemberdayaan berupa pelatihan eco printing dilakukan dalam 3 tahap; 1) Tahap perencanaan pemberdayaan, 2) Tahap persiapan kegiatan, 3) Tahap pelaksanaan kegiatan. Teknik eco printing digunakan dalam pelatihan adalah teknik pukul (pounding) yang diaplikasikan pada tote bag. Berdasarkan kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan eco printing dan pengenalan digital marketing yang telah dilaksanakan kepada ibu-ibu warga Gunung Anyar RT. 04 memiliki benefit atau keuntungan yaitu, ibu-ibu warga dapat mengisi waktu luang mereka dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat, salah satunya ialah dengan melakukan keterampilan eco printing secara mandiri dan dapat memanfaatkannya menjadi salah satu sumber penghasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2023). BPS Statistik E-commerce 2022. https://www.bps.go.id/publication/2022/12/19/d215899e13b89e516caa7a44/statistik-e-commerce-2022.html

Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191–202.

Kata Data Insight Centre. (2023). Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia 2022. https://katadata.co.id/perilaku-ecommerce-2022

Khasani, I., Rahmawaty, D., Trismaya, N., Ds, M., Nadiroh, N., & Husein, A. (2021). Responsible Environmental Behavior Of Stdi Students Toward The Environment. Jurnal Desain-Kajian Bidang Penelitian Desain, 1(1), 25–31.

Kodong, F. R., Juwairiah, J., Permadi, V. A., & Agusdin, R. P. (2020). Ecoprint dan Pengelolaan Media Sosial Pemasaran pada Kelompok Ibu-ibu PKK RW 03/RT 01, Demangan Yogyakarta. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(1), 308–314.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2014). E-commerce 2014. Pearson Boston, MA.

Rifai, F. Y. A., & Siswanto, S. (2023). Increasing Knowledge of Aluminium Craft Entrepreneurs About Digital Marketing to Expand Marketing Reach. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 3234–3240.

Trisianawati, E., Dafrita, I. E., Sari, M., Sulistyani, H., Herditya, H., & Nawawi, N. (2022). Pelatihan Eco Printing bagi Masyarakat Desa Sungai Pandan Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 399–406.

Widiyati, P. S., Nuramrin, N., Alfath, J. S., Septiani, M. N., Amalia, R., Widiyantira, R. N., & Azzahra, S. L. (2021). Mengolah Motif ToteBag dengan Teknik Eco Printing di Cipayung Jakarta Timur. Jurnal Pedes-Pengabdian Bidang Desain, 1(1), 14–19.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Nur ’Azizah Laili Anjainah, Jauharatul Mardiyah, Nadiyah Najmah, Cita Nailurrahmah Al Azmi, Davano Arta Alzamora, & Nailatin Fauziyah. (2023). Community Empowerment of Gunung Anyar Village Through Ecoprinting Training and Introduction to Digital Marketing . ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 4337–4342. https://doi.org/10.35568/abdimas.v6i4.3704