PPBK: Peningkatan Kemampuan Guru Paud Dalam Pengelolaan Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini

Authors

  • Mirawati Mirawati Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rikha Surtika Dewi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Nandhini Hudha Anggarasari Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Elfan Fanhas Kh
  • Fajar Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Aini Fidianti Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Lusi Laelasari

DOI:

https://doi.org/10.35568/abdimas.v2i1.302

Keywords:

kompetensi, pembelajaran, AUD

Abstract

Program Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi (PPTBK) merupakan program pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan guru yaitu yang mengacu pada tuntutan kompetensi guru baik kompetensi pedagogik, pribadi, sosial maupun professional. Program ini menjadi salah satu solusi yang ditawarkan terhadap permasalahan terkait pengelolaan pembelajaran yang dialami oleh guru PAUD di Desa Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. PPTBK ini merupakan salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat dengan pemberian penyuluhan dan pendampingan bagi guru terkait dengan peningkatan kompetensi yang dimilikinya. Program PPTBK bertujuan bukan hanya meningkatkan pemahaman guru, namun juga agar guru memiliki keterampilan yang memadai untuk melaksanakan proses pembelajaran bagi anak usia dini. Pelaksanaan PPTBK ini berjalan dengan cukup baik dan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kompetensi guru PAUD, khususnya dalam aspek pengelolaan pembelajaran bagi anak usia dini misalnya dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, penyediaan media/APE bagi anak usia dini dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Mirawati, M., Dewi, R. S., Anggarasari, N. H., Kh, E. F., Nugraha, F., Fidianti, A., & Laelasari, L. (2019). PPBK: Peningkatan Kemampuan Guru Paud Dalam Pengelolaan Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 91–98. https://doi.org/10.35568/abdimas.v2i1.302