PEMBINAAN PARENTING BAGI ORANG TUA SISWA DI PAUD DAN TK ASSAABIQ SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA

Authors

  • Cucu Arumsari Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Milah Nurkamilah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Feida Noorlaila Isti’adah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i1.235

Keywords:

parenting, orang tua, PAUD

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) harus dapat memberikan layanan tidak hanya bagi anak di kelompok bermain saja, namun juga bagi orang tua sebagai mitra untuk berkolaborasi dalam proses pendidikan anak yang salah satunya melalui program parenting. TK dan  PAUD Assaabiq terletak di desa Cipakat Kecamatan Singaparna belum melaksanakan kegiatan parenting bagi orang tua siswa secara berkala dan terprogram. Padahal, beberapa indikasi menunjukkan bahwa orang tua siswa belum memahami bagaimana fase perkembangan anak. Kemudian, masih banyak orang tua yang bersikap overprotektif sehingga perkembangan kemandirian anak tidak berkembang secara optimal. Selain itu, ketidakpahaman orang tua mengenai perkembangan kognitif anak,  seringkali  menuntut  anak  untuk  dapat  membaca,  menulis  dan  berhitung secara instan serta membebankan tangggung jawab mengajar anak pada guru di sekolah. Oleh karena itu, parenting bagi  orang tua siswa PAUD dan  TK Assaabiq   di   Desa   Cipakat   Kecamatan   Singaparna   Kabupaten   Tasikmalaya mengambil tema memahami fase tumbuh kembang anak. Adapun pembinaan yang diberikan yaitu 1) Pola asuh, materi ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan bagi orang tua mengenai perkembangan   anak   usia   2-6   tahun   secara   psikologis.   Setelah   orang   tua memahami fase tumbuh kembang anak dan mengetahui pola asuh yang tepat, diharapkan pola komunikasi antara orang tua dan anak akan terjalin dengan baik; 2)  menumbuhkan  kemandirian  anak,  materi  ini  bertujuan   agar  orang  tua memahami dan mampu membedakan perlakuan pengasuhan mana yang dapat melatih kemandirian anak, serta pengasuhan mana yang dapat memanjakan anak sehingga kemandiriannya tidak  berkembang optimal  dan berpengaruh terhadap kemampuan  anak  menyelesaikan  masalah,  kemampuan  sosial,  dan  religiusitas anak; dan 3) kemampuan berpikir logis dan simbolik pada anak, materi ini diberikan bertujuan upaya memberikan pengetahuan kepada orang tua mengenai perkembangan kognitif anak khususnya kemampuan logis dan simbolik, serta memberikan pemahaman  kepada orang tua bahwa matematika  dapat  diajarkan sejak dini, melalui lingkungan alami anak dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir logis dan simbolik anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-10

How to Cite

Arumsari, C., Nurkamilah, M., & Isti’adah, F. N. (2018). PEMBINAAN PARENTING BAGI ORANG TUA SISWA DI PAUD DAN TK ASSAABIQ SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–23. https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i1.235

Most read articles by the same author(s)