Pelatihan Pembuatan dan Pendampingan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Lectora Inspire Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1192Keywords:
ICT, Lectora Inspire, Media pembelajaran, PelatihanAbstract
Tujuan pelaksanaan program kemitraan masyarakat berupa pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia menciptakan, mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan Lectora Inspire. Pelatihan ini dilaksanakan pada guru sekolah dasar yang berada di Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan. Persoalan pembelajaran pada mitra adalah guru jarang menggunakan media pembelajaran yang interaktif saat pembelajaran di kelas. Hal tersebut membuat motivasi peserta didik cenderung rendah. Padahal sebagaimana diketahui bahwa tuntutan kurikulum 2013 dan pesatnya IPTEKS mengharuskan guru kreatif menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. Potensi guru-guru sekolah dasar di kecamatan Japara cukup besar dan keberadaan perangkat teknologi di sekolah cukup memadai namun dari segi kompetensi perlu terus ditingkatkan. Kompetensi tersebut salah satunya adalah kemampuan pembuatan media pembelajaran menggunakan ICT yang masih sangat minim. Hal ini dikarenakan belum adanya kegiatan pelatihan khusus pembuatan media pembelajaran berbasis ICT. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dilaksanakannya pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan Lectora Inspire. Kegiatan pelatihan ini terdiri dari tahapan sebagai berikut: 1) survey lapangan (mitra); 2) Koordinasi dengan kepala sekolah dan guru; 3) Sosialisasi Program; 4) Pelaksanaan Program; dan 5) Evaluasi kegiatan.
Downloads
References
Anwariningsih, Huning Sri. 2014. Kesiapan Penggunaan ICT pada Sekolah Dasar di Daerah
Rural dalam Perubahan Paradigma Pembelajaran. Seminar Nasional dan Call For Papers
UNIBA.
Mas’ud, Muhammad. 2012. Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora.
Yogyakarta:Shonif
Mayer, Richard. 2009. Multimedia Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mendikbud. 2014. Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58, Tahun
, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti. 2017. Pelatihan pembuatan media pembelajaran
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Abdimas Pedagogi,
(1), 77-81.
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Shalikhah, Norma Dewi. 2016. Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media
Pembelajaran Interaktif. Jurnal CAKRAWALA, Vol. XI, No. 1, Juni 2016.
Shalikhah, Norma Dewi, et al. 2017. Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai
Inovasi Pembelajaran. Jurnal WARTA LPM, Vol. 20, No. 1, Maret 2017: 9-16, p ISSN:
-9344, e ISSN: 2549-5631.
Sriyanti, I., Murniati, M. M., & Yusuf, M. 2015. Pelatihan pembuatan media pembelajaran
berbasis e-learning bagi guru SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Inovasi dan
Pembelajaran Fisika, 2(1), 12-18.
Surjono, Herman Dwi. 2010. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam
peningkatan kualitas pembelajaran. Makalah. Disajikan dalam seminar MGMP Terpadu
SMP/MTs Kota Magelang.
Suradijono, S. H. R. 2004. Pembelajaran berbasis web: Suatu tinjauan dari aspek kognitif. In
Lokakarya Metode Pembelajaran Berbasis Web. Departemen Teknik Penerbangan ITB,
Bandung, October 1, 2004.
Sutarna, Nana dan Lutfi, Ahmad Fajri. 2019. Media Pembelajaran untuk SD menggunakan
Lectora Inspire. Cirebon: Nusa Litera Inspirasi