NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic <p style="text-align: justify;">Naturalistic adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Terbit dua kali dalam satu tahun yakni bulan april dan bulan oktober. Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran naturalistic dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran terutama yang terkait dengan problematika aktual dan solusi etis kreatif yang menyangkut&nbsp;Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi),&nbsp;Pedagogik,&nbsp;Filsafat Pendidikan,&nbsp;Psikologi Pendidikan,&nbsp;Kurikulum,&nbsp;Pendidikan Agama,&nbsp;Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan) di Pendidikan Dasar dan atau Sekolah Dasar.</p> en-US <p>Copyright of Journal&nbsp;Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran&nbsp;(e-ISSN:<a href="http://u.lipi.go.id/1436264155" target="_blank" rel="noopener">2548-8589</a>, p-ISSN:<a href="http://u.lipi.go.id/1436264155" target="_blank" rel="noopener">2528-2921</a>).</p> <h3>Open Access Policy</h3> <p>This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.</p> <p>This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with&nbsp;<strong><a href="http://www.budapestopenaccessinitiative.org/read">Budapest Open Access Initiative</a>.</strong></p> <p>&nbsp;</p> jurnalnaturalistik@umtas.ac.id (Maesaroh Lubis) hendrawan_budy@umtas.ac.id (Budi Hendrawan) Thu, 31 Oct 2019 20:19:26 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENANGGULANGAN BENCANA ALAM http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/674 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan&nbsp; media pembelajaran atau bahan ajar komik digital. Media pembelajaran/ bahan ajar komik digital&nbsp; yaitu model pembelajaran&nbsp; yang merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), selain untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, mengoptimalkan pembagian kerja dalam kelompok, model ini dikembangkan untuk menghindari terjadinya berpikir abstrak, suatu kesan negatif yang dibiarkan terjadi sejak mereka masih kecil, yang pada akhirnya hingga dewasa kesan negatif tersebut, yang menyatakan bahwa pembelajaran IPS itu membosankan dan membuat siswa menjadi jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R &amp; D (<em>Research and Development</em>). Hasil penelitian adalah bahan ajar e-book dan media pembelajaran komik digital untuk menghindari berpikir abstrak pada pembelajaran IPS sehingga memberikan pengalaman dan kesan negatif siswa terhadap pelajaran IPS. Desain dan implementasi dari penelitian ini diharapkan menjadi salah satu referensi di sekolah-sekolah yang masih minim dalam penggunaan media pembelajaran. Khususnya di kabupaten Lebak-Banten.</p> Dine Trio Ratnasari, Ajeng Ginanjar (Author) ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/674 Wed, 06 Nov 2019 02:30:01 +0000 MENUMBUHKAN GREEN BEHAVIOUR SISWA MELALUI STRATEGI TANDUR BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN IPS http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/632 <p style="text-align: justify;">The research was motivated by researchers' concerns about the low green behaviour of students. To realize green behaviour as a character, the researcher applied <em>Tandur</em> strategy (Grow, Natural, Name, Demonstrate, Repeat, and Celebrate) based on project. Tandur is one of the learning models that will provide direct experience to students and make the material real. Furthermore, project-based learning is a learning activity that gives freedom to explore and produce a work from the learning process. In this case something that was project based could integrate several branches of science such as the demands of the current curriculum, namely thematic learning. The research method used was Classroom Action Research (CAR) with the Kemmis Taggart design which consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. The instruments used were observation sheets, interview sheets and also evaluation sheets. Overall Tandur strategy based on the project had a positive impact on students' green behaviour. This was obtained from the improvement of various aspects, both aspects of knowledge, behaviour which consists of conscience and application/ action, and also from aspects of student projecting. Thus it could be concluded that Tandur strategy based on project could improve students' green behaviour.</p> Ria Kurniasari, Windu Mandela (Author) ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/632 Thu, 31 Oct 2019 19:53:23 +0000