PROFIL KUALIFIKASI AKADEMIK GURU OLAHRAGA SD SE KOTA TASIKMALAYA

  • Rahmat Permana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Budi Hendrawan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya http://orcid.org/0000-0002-5797-4362
  • Yopa Taufik Saleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Keywords: Kualifikasi akademik, pengalaman mengajar, profil guru

Abstract

Masalah penelitian ini adalah  profil kualifikasi akademik guru SD PJOK di kota Tasikmalaya yang isi profilnya mengenai latar belakang pendidikan, usia dan pengalaman mengajar. peneliti perlu mengungkap bagaimana profil kualifikasi guru SD PJOK apakah latar belakang pendidikan sesuai dengan mata ajar. Keseuaian latar belakang pendidikan akan mampu mencapai tujuan pembelajaran secara baik sedangkan pengalaman mengajar akan menentukan keterampilan mengajar dengan baik. Dengan diketahuinya profil tersebut maka peneliti dapat memetakan kualifikasi guru SD PJOK di kota tasikmalaya untuk menjadi bahan kajian dalam membuat mata kuliah konsentrasi khusus bidang PGSD PENJAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah  metode survei sekali waktu (cross-sectional survei). Pada umumnya data hanya dikumpulkan untuk waktu tertentu saja dengan tujuan untuk menggambarkan kondisi populasi. Adapun populasi dalam penelitian ini ialah seluruh guru yang mengajar olahraga di Sekolah Dasar yang berada di wilayah kota Tasikmalaya yaitu berjumlah 219 guru. Sampel akan diambil sebesar 25 persen dari total populasi dengan menggunakan simple random sampling. 219 dari 25 % = 54 guru yang mengajar olahraga  Hasil dari penelitian ini memetakan bahwa latar belakang pendidikan guru yang mengajar olahraga sebesar 100% merupakan lulusan dari prohram studi olahraga, usia rata-rata guru ialah 30 tahun sedangkan pengalaman mengajar rata-rata guru lebih dari 3 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-26
How to Cite
Permana, R., Hendrawan, B., & Saleh, Y. (2017). PROFIL KUALIFIKASI AKADEMIK GURU OLAHRAGA SD SE KOTA TASIKMALAYA. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 47 - 52. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.90

Most read articles by the same author(s)