MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM SETORAN HAFALAN AL-QUR’AN MELALUI METODE TALAQQI PADA SISWA KELAS VIB SEKOLAH DASAR ISLAM YAKMI TAHUN 2018

Authors

  • Imam Mashud member

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.397

Keywords:

setoran hafalan, metode talaqqi

Abstract

Keadaan hafalan pada siswa TPA SD Islam pada tahun ajaran sebelumnya tidak pernah teridentifikasi dengan baik dan tercatat pada lembar mutaba’ah, sehingga sulit untuk dicari kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh siswa dalam hafalan Al-Qur’an.. Kegiatan pelaksanaan setoran hafalan dengan menggunakan metode talaqqi pada siswa khususnya kelas VI B, maka guru mencatat hasil setoran siswa pada lembar mutaba’ah yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Kriteria pencatatan sederhana yang dibuat oleh sekolah, apabila dilakukan secara kontinyu maka akan terlihat hasilnya tanpa melakukan manipulasi data agar terlihat bagus. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IIA dalam setoran hafalan Al-Qur’an, penggunaan metode talaqqi pada siswa di sekolah dasar Islam YAKMI, dan hasil dari setoran hafalan Al-Qur’an melalui metode talaqqi. Hasil yang didapat dari kegiatan setoran hafalan siswa kelas VIB dengan menggunakan metode talaqqi adalah setoran hafalan siswa yang telah dilakukan dari bulan Juli sampai bulan November 2018, rata-rata seluruh siswa pada kelas VIB sudah hafal 20 surat atau 55% dari jumlah surat pada juz ke-30 yakni 36 surat sudah dihafal oleh seluruh siswa kelas VIB. Dengan demikian sangat optimis untuk target hafal pada juz ke-30 sebanyak 36 surat dapat tercapai dan dapat dilakukan uji publik hafalan Al-Qur’an pada bulan April 2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-08 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Mashud, I. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM SETORAN HAFALAN AL-QUR’AN MELALUI METODE TALAQQI PADA SISWA KELAS VIB SEKOLAH DASAR ISLAM YAKMI TAHUN 2018. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 347–358. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.397 (Original work published April 8, 2019)