PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP JAMUR

Authors

  • Popo Musthofa Kamil Universitas Siliwangi
  • Egi Nuryadin Universitas Siliwangi
  • Rohjat Prasetyo Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.310

Keywords:

Creative Problem Solving (CPS); Jamur; Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Jamur di kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai dengan bulan September 2018 di SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true exsperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Manonjaya sabanyak tujuh kelas dengan jumlah peserta didik 215 orang. Sampel penelitian di kelas X IPA 4 sebanyak 31 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas X IPA 1 sebanyak 31 orang peserta didik sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Manonjaya. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik pada konsep Jamur. Tes ini berupa pilihan majemuk sebanyak 42 butir soal dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf nyata ? = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur dikelas X SMA N 1 Manonjaya tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-31 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Kamil, P. M., Nuryadin, E., & Prasetyo, R. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP JAMUR. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 403–406. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.310 (Original work published October 31, 2019)