MENELAAH TEORI VYGOTSKY DAN INTERDEPEDENSI SOSIAL SEBAGAI LANDASAN TEORI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR

  • Yayu Tresna Suci Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pembelajaran kooperatif, teori vygotksy, interdepedency social

Abstract

Pembelajarn kooperatif  memiliki popularitas yang membumi di dunia pendidikan. Penelitian mengenai keunggulan pembelajaran kooperatif  banyak ditemukan dan membawa angin segar bagi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Dewasa ini pembelajaran kooperatif  diharapkan bisa menjadi ruh dalam setiap aktivitas belajar di sekolah, akan tetapi pada pelaksanaanya tidak sedikit guru yang salah memberikan persepsi tentang pembelajaran kooperatif  dan cenderung kesulitan dalam menerapkannya di kelas mereka. Tulisan ini mencoba membangun pembelajaran kooperatif dari segi teoritis yaitu melalui pemikiran vygotsky dan teori interdepedenncy social. Kedua teori ini akan ditelaah secara sistematis guna memberikan gambaran bagaimana wujud pembelajaran kooperatif  yang lebih memadai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-30
How to Cite
Suci, Y. (2018). MENELAAH TEORI VYGOTSKY DAN INTERDEPEDENSI SOSIAL SEBAGAI LANDASAN TEORI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231-239. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269