MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN SUPERVISI TEKNIK MODELING

Authors

  • Muginah Mugi Nah SD Brajan

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.202

Keywords:

Kompetensi Guru, model discovery learning, supervise teknik modeling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning, merupakan penelitian tidakan sekolah (PTS). Subjek penelitian adalah guru SD Brajan yang berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan supervise teknik modeling  dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning. Hal itu terbukti dari tercapainya semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian. Di antaranya (1) pengamatan menunjukkan pelaksanaan supervise teknik modeling berjalan dengan lancar(2) ? 80 % peserta supervise teknik modeling meningkat pemahamannya terhadap  model pembelajaran discovery learning, dan (3) ? 80 %  peserta supervise teknik modeling  dapat   menerapkan model pembelajaran discovery learning. Pada siklus I nilai rata-rata pemahaman guru mencapai 66 dan   pada siklus II nilai rata-rata 84 dan persentase guru yang mengalami peningkatan 100 % sedang hasil supervise penerapan model pembelajaran discovery learning  terhadap pada siklus 1 rata-rata 75,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 80, dengan prosentase peningkatan 100 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-23 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Nah, M. M. (2020). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN SUPERVISI TEKNIK MODELING. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 160–171. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.202 (Original work published April 23, 2018)