Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1218

Keywords:

bahan ajar, kearifan lokal, budaya, keterampilan menulis deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bahan ajar berbasis kearifan lokal dan budaya terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan bahan ajar dimulai dari tahap studi pendahuluan, perencanaan, desain produk, validasi desain produk, uji coba produk dan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar, angket analisis kebutuhan siswa, dan tes kognitif. Subjek uji coba penelitian yaitu siswa Kelas IV SDN 1 Cengal, SDN 2 Cengal dan SDN 3 Cengal Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal dan budaya dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan peningkatan ini dapat dilihat pada hasil uji gain keterampilan menulis deskripsi siswa pada kelas eksperimen menunjukkan N-gain sebesar 0,46. Maka N-gain pada kelas eksperimen termasuk ke dalam kriteria sedang. Sedangkan hasil uji gain keterampilan menulis deskripsi siswa pada kelas kontrol diperoleh N-gain sebesar 0,28. Maka N-gain pada kelas kontrol termasuk ke dalam kriteria rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Sutarna, N., & Lutfi, A. F. . (2021). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 883–894. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1218