Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Kancilan

Authors

  • Mufida Khotimah Khoirul Mufida Universitas Muria Kudus
  • Moh Kanzunnudin Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1073

Keywords:

Peran orang tua, Kepribadian anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam pembentukan kepribadian anak Di Desa Kancilan dan menganalisis kendala yang dihadapi orang tua dalam pembentukan kepribadian di Desa Kancilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawawncara, perekaman, pencatatan, dan pemotretan. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa peran yang dilakukan orang tua dalam pembentukan kepribadian anak yakni orang tua dalam memberi keteladanan, orang tua dalam mengajarkan agama, orang tua dalam mengajarkan sopan santun, dan orang tua dalam menanamkan kejujuran. Adapun kendala yang dihadapi orang tua dalam pembentukan kepribadian anak yakni rendahnya pendidikan orang tua,  kesibukan orang tua dalam bekerja, faktor dari anak itu sendiri, faktor lingkungan, dan media sosial.  Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pembentukan kepribadian anak dapat dikatakan sudah cukup baik. hal tersebut dapat dilihat dari wawancara dan observasi bahwa peran orang tua yang ada di desa kancilan sudah telaksana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewantara, Agustinus Wisnu. 2015. “Pancasila Sebagai Pondasi Pendidikan Agama di Indonesia”. Jurnal Ilmiah Civis., 5 (1), 640-653.

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendri. 2019. “Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap pembentukan Konsep Diri Anak”. Jurnal at-Taujaih: Bimbingan dan Konseling Islam., 2 (2), 56-71.

Hermanto, Joko Dwi. 2019. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Karakter Jujur dan Tanggung Jawab Bagi Peserta Didik Kelas VII SMP. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Hikmah dan Teguh, Fahmi. 2020. “Keteladanan Orang Tua dalam Islam”. Jurnal Pendidikan Agama Islam., 7 (2), 165-187.

Isman, Muh. Suyono. 2019. Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Binti Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi. Uin Alaudin Makasar.

Iwan. 2020. “Merawat Sikap Sopan Santun dalam Lingkungan Pendidikan”. Jurnal Agama Islam., 4 (1), 98-121.

Masrofah, Tria et.al. 2020. “Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Remaja (Studi di Kelurahan Air Duku, Rejang Lebong-Bengkulu)”. Jurnal Pendidikan Agama Islam., 2 (2), 39-58.

Ramadani, Restu. 2020. Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negei 33 Pekanbaru. Skripsi. UIN Suska Riau.

Rofingah, Nangimatur dan Mahpur Mohammad. 2018. “Efektivitas Komunikasi Berkualitas untuk Meningkatkan Kehangatan dalam Pengasuhan pada Orang Tua Sibuk Bekerja di Kb-Tk IT Al-Hikmah”. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam., 15 (2). 12-20.

Sa’diyah, Rika. 2o17. “Pentingnya Melatih kemandirian Anak”. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Agama Islam., 16 (1), 31-46.

Safitri, Enelia. 2019. Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Talang Tinggi Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Khotimah Khoirul Mufida, M., Kanzunnudin, M. ., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Kancilan. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 784-791. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1073