KOMUNIKASI POSITIF SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN ANAK DARI KEKERASAN MELALUI KEGIATAN PARENTING DI MASYARAKAT KEL. CEMPAKA PUTIH KEC. CIPUTAT TIMUR TANGSEL PROVINSI BANTEN

  • Susianty Selaras Ndari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Chandrawaty Chandrawaty
  • Kibitiah Kibitiah
  • Erik Wahyudin
Keywords: komunikasi, pengasuhan positif, kekerasan anak, parenting

Abstract

Tujuan program kemitraan masyarakat Komunikasi Positif Sebagai Upaya Perlindungan Anak Dari Kekerasan Melalui Kegiatan Parenting Di Masyarakat Kec. Cempaka Putih Kec. Ciputat Timur Tangsel adalah untuk untuk mengetahui gambaran hasil kegiatan pentingnya komunikasiorangtua dan anak.terbentuk kader/the agent of change  yang terampil untuk menindaklanjuti apabila terjadi kekerasan dalam pengasuhan, agar terjadinya perubahan paradigma orangtua dalam pengasuhan anak tanpa kekerasan. 

Kegiatan program kemitraan masyarakat Komunikasi Positif Sebagai Upaya Perlindungan Anak Dari  Kekerasan Melalui Kegiatan Parenting Di Kec. Cempaka Putih Kec. Ciputat Timur Tangsel dilakukan melalui proses pelatihan dengan metode partisipatif. Peserta pelatihan terdiri dari 150 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat dan warga sekitar. Tahapan kegiatan pelatihan yang disusun oleh tim (PKM) sebagai berikut: pertama, bersama mitra mendata potensi peserta dan melakukan pemetaan potensi peserta untuk keberlanjutan program. Kedua, menyiapkan modul pelatihan komunikasi positif dan perlindungan anak dari kekerasan melalui pengasuhan dan deteksi dini kekerasan terhadap anak, dan Standart Operational Prosedure menjadi first aid untuk kasus kekerasan terhadap anak di wilayahnya. Ketiga, konsultasi dengan mitra KPAI untuk isi materi. Keempat, pelaksanaan kegiatan pelatihan dan rencana tindak lanjut kegiatan. Kelima, evaluasi kegiatan dan membuat luaran dari pengabdian baik berupa artikel maupun modul.

Keywords: komunikasi, pengasuhan positif, kekerasan anak, parenting

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-31