Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN NASKAH

EARLYCHILDHOOD: Jurnal Pendidikan

PERSYARATAN UMUM PENULISAN NASKAH

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan dan/atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk publikasi di media lain dan tidak mengandung unsur plagiat dengan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan kerapatan baris 1 spasi, jenis huruf font Times New Roman 12, ukuran kertas A4, margin atas 3 cm., bawah 2.5 cm., kiri 2.5 cm., dan kanan 2 cm.
  3. Panjang Naskah  maksimal 7000 kata (sekitar 20 halaman) sudah termasuk gambar, grafik/ tabel (jika ada), dan daftar pustaka yang menyertainya.
  4. Naskah harus disertai dengan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
  5. Naskah dikirim melalui online Submissions Jurnal Earlychildhood (langsung klik daftar/register).
  6. Semua Naskah yang masuk ke redaksi akan melalui proses blind review oleh mitra bestari setelah review oleh redaksi. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi isi.

STRUKTUR NASKAH ILMIAH

Judul

  •  Judul hendaknya ringkas, efektif, dan informatif, dengan jumlah 12 kata ¸termasuk kata penghubung.
  • Jenis huruf Times New Roman 16, dengan jarak baris 1 spasi.

Identitas Penulis

  1. Naskah disertai dengan identitas penulis yang meliputi: Nama penulis tanpa gelar akademik (Times New Roman 12 ditebalkan), afiliasi kelembagaan penulis, alamat lembaga, dan e-mail (Times New Roman 10, jarak 1 spasi).
  2. Afiliasi kelembagaan mahasiswa mengikuti tempat dimana yang bersangkutan belajar.
  3. Nama penulis dan urutan penulis (bila lebih dari satu penulis) harus sudah disepakati semua penulis, biasanya berdasarkan besarnya kontribusi dan partisipasi dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan, dan semua penulis bertanggung jawab atas isi naskah.

Abstrak

  1. Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan.
  2. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, panjang abstrak berkisar antara 150 - 250 kata dalam satu paragraf, huruf Times New Roman 10.

Kata Kunci

  1. Kata kunci terdiri atas 3 - 5 kata dan/atau kelompok kata.
  2. Kata-kata diketik miring (italic), antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;)

Pendahuluan

  1. Pendahuluan ditulis huruf besar, jarak 1 spasi dan ditebalkan.
  2. Pendahuluan hendaknya mengandung latar belakang masalah; hipotesis (bila ada), tujuan dan metode penelitian; umumnya artikel tidak terlalu ekstensif, sekitar 2 halaman 1 spasi; pendahuluan mengacu pada beberapa pustaka yang menjadi landasan teori atau alasan penelitian.

Hasil dan Pembahasan

  1. HASIL DAN PEMBAHASAN ditulis huruf besar, jarak 1 spasi dan ditebalkan.
  2. Sajian dalam hasil dan pembahasan ditulis secara bersistem, hanya hasil data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian; sederhanakan tabel dan menggunakan tabel terbuka, dan gambar peta lebih difokuskan pada objek yang diteliti serta jangan terlalu besar ukuran filenya serta rumit (diupayakan dalam format JPG); tabel dan gambar diberi nomor urut. Contoh penulisan tabel: Tabel 3.
  3. Penggunaan subjudul dalam pembahasan sesuai dengan keperluan pembahasan.
  4. Teknik pengutipan sumber rujukan menggunakan catatan kaki/footnote, menggunakan sistem sitasi  APA fifth edition font Times New Roman 10, selengkapnya lihat contoh di ketentuan teknis penulisan catatan kaki.

Simpulan

  1. SIMPULAN ditulis huruf besar, jarak 1 spasi dan ditebalkan.
  2. Simpulan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, dan diungkapkan bukan dalam kalimat stastistik.

Ucapan Terima Kasih

  1. Bila ada UCAPAN TERIMAKASIH, ditulis huruf besar, jarak 1 spasi dan ditebalkan
  2. Berisi ucapan terimakasih kepada lembaga pemberi dana, dan atau individu yang telah membantu dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan naskah.

Daftar Pustaka

  1. DAFTAR PUSTAKA ditulis di tengah dengan huruf besar, jarak 1 spasi dan ditebalkan
  2. Literatur yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk atau dikutip dalam naskah.
  3. Sumber rujukan yang dirujuk dalam naskah, hendaknya merujuk dari salah satu atau beberapa naskah jurnal ilmiah.
  4. Naskah hendaknya merujuk atau mengutip salah satu atau beberapa artikel Jurnal Wawasan.
  5. Teknik penulisan daftar pustaka, menggunakan sistem sitasi APA fifth edition font Times New Roman 12. Selengkapnya bisa dilihat pada ketentuan teknis penulisan daftar pustaka.

KETENTUAN TEKNIS PENULISAN NASKAH

  1. Penulisan Pengutipan
  2. Pengutipan rujukan dalam pembahasan hendaknya tidak terlalu panjang.
  3. Kutipan langsung kurang dari lima baris ditulis di antara tanda kutip lengkap bersatu dalam alinea dan dimiringkan (italic).
  4. Kutipan langsung lima baris atau lebih ditulis dalam alinea tersendiri tanpa tanda kutip. Posisi penulisan diberi indent lurus dengan baris awal alinea.
  5. Kutipan tidak langsung yaitu pengutipan sebuah teks yang disarikan dan dituliskan dalam kalimat sendiri, ditulis sebagai bagian dari alinea tanpa tanda kutip/tanda
  6. Pengutipan hasil penelitian atau pendapat orang lain, sebaiknya menggunakan kutipan tidak langsung (menggunakan kalimat sendiri, bukan kalimat yang persis sama).
  7. Kutipan ayat Alquran dan Hadis dituliskan dengan huruf Arab sesuai teks aslinya, termasuk tanda-tanda bacanya, dengan menggunakan Font Traditional Arabic 16 cetak tebal. Ayat Alquran ditulis lengkap dengan nama dan nomor surah serta nomor ayat, sedangkan Hadis ditulis lengkap sanad dan rawinya serta dilengkapi footnote yang berisi: Nama kitab, jilid, bab, nomor hadis dan halaman.
  8. Khusus pengutipan ayat Alquran yang tidak lengkap dalam satu ayat, diberi tanda titik tiga buah sebelum atau sesudahnya. Contoh:
  9. Anotasi (keterangan pendek) ditulis di antara dua kurung besar [ …] langsung setelah ungkapan atau kalimat yang diberi anotasi. Anotasi yang melebihi satu baris ditulis sebagai catatan kaki.
  10. Kutipan dari ayat-ayat Alquran tidak diperlukan catatan kaki karena nama dan nomor surah serta nomor ayat telah dituliskan dalam ayat yang dikutip.

Penulisan Kutipan Catatan Kaki dan Daftar Pustaka

Teknik penulisan catatan kaki, menggunakan sistem sitasi APA fifth edition font Times New Roman 10, ditulis secara berurutan: Nama penulis [tanpa pangkat dan gelar], Judul buku diketik miring, cetakan/edition [jika ada], jilid/series [jika ada] (Tempat/kota penerbit: Nama penerbit, Tahun terbit), nomor halaman.

Buku yang disunting oleh editor diikuti “ed.” tanpa kurung setelah penulisan nama. Jika buku ditulis tanpa kota penerbit diketik “t.k.”; tanpa penerbit diketik “t.p.”; jika tanpa tahun terbit diketik “t.t.”. Apabila tahun penerbitan berupa tahun hijriyah diketik “H.” setelah penyebutan tahun. Halaman tanpa penulisan simbol halaman, langsung pada penulisan angka. Apabila ingin menyebutkan lagi sumber yang terdahulu harus disebutkan nama penulis dan diikuti dengan nama buku yang dimaksud. Dalam penyebutan ulang ini, tidak digunakan istilah tertentu: ibid.op. cit., dan loc. cit..

Teknik penulisan daftar pustaka, menggunakan sistem sitasi APA fifth edition  font Times New Roman 12, ditulis secara berurutan: Nama penulis ditulis nama belakangnya lebih dahulu, diikuti nama depan dan nama tengah (atau inisial). Tahun penerbitan.  Judul buku (diketik miring). Cetakan/Edition. Jilid/Series (bila ada). Kota penerbit: Nama penerbit.

 

 

TATA CARA PENERIMAAN ARTIKEL 

1.Naskah / artikel  ditulis dengan gaya selingkung Jurnal Early Childhood*.
2.Naskah / artikel dikirimkan hanya melalui email journal.earlychildhood@umtas.ac.id 
3. Review awal redaksi meliputi pengecekan lingkup topik, seringnya topik tersebut dipublikasikan dan pengecekan program Turnitin
4.Review substansi akan dilakukan oleh Mitra Bestari. Penulis wajib melakukan revisi sesuai saran Mitra Bestari, selambat-lambatnya 2 minggu sejak artikel tersebut dikembalikan oleh tim redaksi.
5.Penulis akan menerima konfirmasi melalui email dari tim redaksi bahwa artikelnya diterima untuk dimuat di Jurnal Early Childhood.
6.Jadwal proses penerimaan/seleksi/pengumuman adalah sebagai berikut:

Proses Jurnal Early Childhood Edisi Mei
  a.Penerimaan Artikel Edisi Mei               : 1 Oktober – 28 Februari
  b.Seleksi Artikel Edisi Mei                        : 1 Maret - 30 April
  c.Pengumuman Publikasi Mei                : Mei
 

Proses Jurnal Early Childhood Edisi November 
  a.Penerimaan Artikel Edisi November    : 1 Juni – 31 September
  b.Seleksi Artikel Edisi November             : 30 September - 30 Oktober
  c.Pengumuman Publikasi November     : November

7.Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Tim Redaksi Early Childhood Program Studi PG PAUD Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Telp: 081214966550

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.